Penuh Apresiasi, Bupati Eddy Berutu Buka Festival Lomba Seni Tingkat SMP

Penuh Apresiasi, Bupati Eddy Berutu Buka Festival Lomba Seni Tingkat SMP
Bupati Eddy Berutu saat membuka Festival Lomba Seni Tingkat SMP • (foto: ist.)

JURNALDAIRI.com - Sidikalang. Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu membuka Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP se-Kabupaten Dairi yang digelar di SMP Negeri 3 Sidikalang, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Batang Beruh, Selasa (21/6/2022).

"Saya menyabut baik dan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan FLS2N ini," kata Eddy Berutu.

Disebutkannya, sportivitas dan kreativitas tidak tumbuh dengan tiba tiba, namun harus dikembangkan. Untuk itu pemerintah harus memberikan tempat untuk siswa berkreasi dan sekaligus menampilkan budipekerti melalui kearifan lokal.

Seni itu harus dilakukan dengan sukacita, usiamu saat ini adalah yang paling indah diukir sejak dini dengan kearifan lokal dan tatanan yang baik.

"Ajang ini untuk berikan kesempatan kepadamu membuat karya yang bisa menghibur, menunjukkan keindahan dan ada fungsi yang akan dicapai diantaranya fungsi dengan alam semesta," sebutnya.

Bagi sekolah yang tidak ikut dalam lomba ini ia sangat menyayangkan, karena lomba ini adalah sifatnya wajib. "Kita akan mengkritisi kepala sekolah dan satuannya yang tidak ikut ambil bagian dalam lomba ini," tegasnya.

"Kepada kepala sekolah dan guru- guru, saya menitipkan seluruh siswa. Karena kepala sekolah dan guru adalah simbol perwakilan sebagai kepala daerah dalam konteks sekolah," sambungnya.

Menurutnya, apa yang bapak/ibu lakukan adalah perwujudan dalam menggapai Dairi Unggul. para orang tua ingin memberikan bekal kepada anak-anaknya, agar bisa menjadi pemenang dalam bidang apapun yang dipilih.

"Saya harap sekolah bisa menjadi tempat bahagia. Kita akan dukung anak- anak yang akan bertanding di provinsi dan nasional jika nantinya ada yang menang dalam lomba ini," pungkasnya.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Dairi Fatimah Boangmanalu meyebutkan, event FLS2N ini sebagai wadah untuk menunjukan cara bagaimana bersosialisasi, sehinga bisa menghadapi perkembangan jaman dimasa yang akan datang.

Disampaikannya, kejuaraan bukanlah hal yang utama, namun bagaimana bisa berkolaborasi, bisa berkreatif dengan kemampuan melalui seni. "Seni itu adalah emosi jiwa yang kita tampilkan, tapi elok untuk di pandang dan dengar. Mari ikuti ini dengan semangat untuk tanamkan sportifitas melalui seni," ucapnya.

Untuk para orang tua, Kadis Pendidikan mengajak agar mendidik anak dengan baik, karena pendidikan orang tua adalah cerminan anak-anak di sekolah. "Mari kita dukung program pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni mewujudkan Dairi cerdas, Dairi unggul," imbaunya.

Sementara itu Kepala sekolah SMP Negeri 3 Sidikalang Asima Simarmata menyebutkan, tema kegiatan lomba festival " Memuliakan Kearifan lokal Menembus Dunia". Melalui kegiatan ini, diharapkan akan menguatkan dan menumbuhkan kreativitas para peserta didik melalui seni.

Dijelaskanya, festival yang diselenggarakan dan didukung oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota ini juga sebagai upaya memberikan ruang untuk unjuk bakat dan prestasi. "Selain itu sebagai sarana untuk ekspresikan seni yang berbasis budaya bangsa," terangnya.

Dalam FLS2N ini diperlombakan festival kreatifitas tari, festival kreatifitas seni, lomba vocal solo dan lomba desain foster yang diikuti 30 sekolah dengan 161 peserta lomba.

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!