Harga Telur Ayam Naik di Sidikalang, Penjual Mie Mengeluh

Harga Telur Ayam Naik di Sidikalang, Penjual Mie Mengeluh
Pedagang telur ayam di Jalan Merga Silima, Sidikalang • (foto: Fajar Gunawan)

JURNALDAIRI.com - Sidikalang. Harga telur ayam jenis eropa di Pusat Pasar Sidikalang, Kabupaten Dairi mengalami kenaikan Rp. 5.000 sampai 8.000 per papannya. Sebelumnya harga telur ini dipasaran Rp. 45.000, kini mencapai 50.000 - Rp. 53.000 per papannya (30 butir).

Harga telur naik sejak 2 Minggu terakhir ini," kata Tukimin pedagang telur ayam di Jalan Merga Silima kepada wartawan, Senin (29/8/2022).

Menurutnya harga telur tersebut juga dipengaruhi dari besar dan kecil ukurannya. "Kalau yang besar kami jual Rp. 52.000, sedangkan yang kecil Rp 45.000 per papannya," sebutnya.

Saat ditanya penyebab kenaikan harga telur, dirinya mengatakan kurang tau pasti. "Mungkin karena naiknya harga pakan," ujarnya berseloroh.

Sementara itu, salah seorang penjual mie, Syaidah di Jalan Ahmad Yani Sidikalang mengeluhkan dengan naiknya harga telur tersebut, karena mempengaruhi jualannya.

"Terasa kali lah naik harganya. Biasanya beli Rp. 48 ribuan, kini sudah Rp. 53 ribu saya beli, per papannya," sebutnya.

Menurutnya, kenaikan harga itu semakin terasa ditambah lagi saat ini penjualan mie nya sedang sepi pembeli. Setiap harinya Syaidah menghabiskan satu papan telur untuk jualannya.

"Gimana mau untung, pembeli aja sepi. Telur mahal, bahan pokok lainnya juga mahal, mau menaikan harga nggak sampai hati aku," ungkapnya.

Dirinya hanya berharap ada kebijakan pemerintah dalam menstabilkan harga bahan pokok khusunya telur ayam. "Saya berharap ada kebijakan dari pemerintah terkait harga bahan pokok di Dairi.

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!