Ngeri, Tiap Hari Angkutan Umum di Sidikalang Angkut Siswa Sampai Ke Atap

Ngeri, Tiap Hari Angkutan Umum di Sidikalang Angkut Siswa Sampai Ke Atap
Angkutan Umum di Sidikalang Angkut Siswa Sampai Ke Atap Mobil • (Foto: Joshua Sitohang)

JURNALDAIRI.com - Sidikalang. Akibat muatan penuh, belasan siswa SMP di Kota Sidikalang harus duduk hingga ke atap angkutan umum saat pulang dari Sekolah. Hal ini pun sepertinya menjadi hal yang lumrah karena tidak ada larangan dari Dinas Perhubungan dan pihak Satlantas Polres Dairi. Padahal aksi ini merupakan aksi yang sangat bahaya, karena rawan kecelakaan yang bisa menimbulkan korban nyawa, khusunya para anak-anak sekolah jika terjadi lakalantas.

Tidak hanya itu, selain di atap angkutan umum tersebut, para siswa remaja itu tampak bergelantungan di pintu akibat muatan sudah penuh, namun dipaksakan untuk mengangkut muatan secara berlebihan.

Pantauan jurnaldairi.com, kejadian ini berlokasi di sekitar Jalan Masjid, Kota Sidikalang.

“Sudah biasa. Tiap hari juga begitu,” ujar Merida Purba (45), salah seorang warga Sidikalang, Selasa (20/9/2022).

Parahnya, beberapa di antara terlihat tertawa sambil melambaikan tangan ke siswa SMP lainnya yang ada di sisi angkutan umum. Para pelajar tersebut rupanya tidak sadar tengah bertaruh nyawa dengan duduk menantang bahaya.

Kepala Dinas Perhubungan kabupaten dairi Parulian Sihombing saat di konfirmasi lewat selulernya mengatakan, pihak Dinas Perhubungan sudah melakukan razia kepada angkutan umum, dan sudah menyurati kepada supir angkutan dan seluruh kepala sekolah di Sidikalang.

"Yang paling sangat Penting juga harus ada kerjasama yang baik antara orang tua agar slalu mengingatkan anaknya untuk tidak naik di atas angkutan. Karena resiko sangat tinggi, maka kepedulian orang tua sangat penting." jelasnya.

Reporter

Joshua Martin Sitohang

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!