ADVENTORIAL

TWI SITINJO DESTINASI WISATA UNGGULAN DI DAIRI

TWI SITINJO DESTINASI WISATA UNGGULAN DI DAIRI
Keterangan foto : Pintu masuk TWI Kabupaten Dairi. • (fajar gunawan)

JURNALDAIRI.com - Taman Wisata Iman (TWI) yang berada di perbukitan Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kecamatan Sitinjo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Tempat wisata seluas 130 ribu meter ini tak hanya menyuguhkan keindahan alam saja, tetapi juga menyuguhkan wisata religi. Terdapat 5 tempat ibadah agama di Indonesia mulai Islam, Kristen Protestan dan Katolik, Budha, Hindu disana.

Selain itu terdapat juga beberapa replika antara lain :

1. Taman Firdaus

Di taman firdaus ini terdapat replika patung Adam dan Hawa beserta ular berukuran besar.

Tempat ini menggambarkan kisah sejarah manusia pertama, yaitu Adam dan Hawa yang digoda ular jelmaan setan. Disinilah awal kejatuhan Adam dan Hawa ke dalam dosa.

2.Perjalanan Salib

Perjalanan Salib merupakan objek wisata yang mengisahkan sejarah Yesus mulai dari dilahirkan sampai disalib. Di areal ini terdapat banyak replika patung yang menggambarkan rentetan kisah tersebut.

3. Bahtera Nabi Nuh

Replika berbentuk kapal besar ini dikisahkan mampu menampung banyak manusia dan binatang, saat itu Nabi Nuh menyelamatkan umatnya dari bencana banjir yang luar biasa.

Bangunan Bahtera Nuh ini ada 4 lantai dan didalamnya terdapat dapur, kamar mandi, kafe/restoran dan kamu juga bisa menginap di bahtera ini.

5. Ka'bah

Replika bangunan Ka'bah ini digunakan umat Islam sebagai tempat untuk latihan manasik haji. Disini juga ada miniatur Bukit Shafa dan Marwa, Lontar jumrah dan miniatur terowongan Mina.

6.Gua Bunda Maria

Ditempat ini terdapat replika patung Bunda Maria yang selalu dikunjungi wisatawan khusunya yang beragama Kristen Katolik untuk berdoa.

7. Patung Budha

Replika patung Budha ini berada di Vihara Saddhavana. Tempat ibadah umat Budha ini ramai dikunjungi etnis Tionghoa setiap hari raya Imlek.

8.Pura

Ditempat ibadah umat Hindu ini terdapat replika gapura di pintu masuknya. Di dalam juga terdapat aula yang bisa digunakan sebagai tempat kegiatan keagamaan umat Hindu.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sekitar TWI Sitinjo. Disana terdapat menarah pandang setinggi lebih kurang 7 meter. Saat berada di atas menara wisatawan dapat melihat keindahan hamparan luas persawahan dan kota Kecamatan Sumbul.

Setiap tahunnya ribuan orang berkunjung ke TWI Sitinjo untuk menikmati liburan, khusunya libur keagamaan Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Melengkapi keindahan TWI Sitinjo kebanggan masyarakat Dairi ini, terdapat dua aliran air terjun yang sangat mempesona, yakni air terjun Sampendabah dan Air terjun Janji.

Untuk kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke TWI Sitinjo, Pemerintah Kabupaten Dairi telah melengkapi fasiltas dengan membangun toilet premium yang merupakan bantuan dari Kementrian PUPR dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara.

Tunggu apa lagi, ayo isi hari liburan anda dengan berkunjung ke TWI Sitinjo, Kabupaten Dairi.

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!