Pendaftaran PPK di KPU Dairi Hari Berakhir, Akan Diperpanjang Bila Belum Memenuhi Kuota.

Pendaftaran PPK di KPU Dairi Hari Berakhir, Akan Diperpanjang Bila Belum Memenuhi Kuota.
Keterangan foto : Pendaftaran calon PPK di KPU Dairi. (fajar gunawan) • Fajar Gunawan

JURNALDAIRI.com - Pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat Kabupaten Dairi berakhir hari ini.

Hal itu disampaikan Ridwan Hendra Agustinus Samosir selaku Kordinator divisi SDM dan Parmas KPU Dairi di ruang kerjanya.

Disebutkannya, pendaftaran untuk PPK dibuka mulai tanggal 23-29 April 2024, dan hari ini terakhir pendaftaran.

"Pendaftaran PPK akan kita tutup hari jam 23. 59 WIB," kata Ridwan, Senin (29/4/2024).

Bila nanti jumlah peserta pendaftar belum memenuhi kuota, yakni dua kali jumlah PPK yang dibutuhkan atau minimal 10 setiap kecamatan, maka pendaftaran bisa diperpanjang.

"Kalau nanti ada kecamatan belum memenuhi jumlah kuota yang dibutuhkan, kami akan perpanjang lagi pendaftarannya sesuai aturan tahapan akan dilaksankan tanggal 30 April sampai 2 Mei 2024," ujarnya.

Dalam pendaftaran PPK ini, peserta bisa langsung datang ke KPU dan melalui aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoccara).

"Mungkin bagi pendaftar yang belum paham dengan aplikasi SIAKBA, bisa datang ke KPU Dairi agar bisa dibantu oleh staf kami," ungkapnya.

Menurut Ridwan, sesuai undang-undang Nomor 7 tahun 2017, minimal harus ada keterwakilan peserta perempuan 30 persen untuk pendaftaran PPK ini.

"Jadi, harapan kami keterwakilan perempuan ada 30 persen, dan ini menjadi pertimbangan kami," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Ridwan, untuk jumlah PPK yang dibutuhkan sebanyak 75 orang yang akan bertugas di 15 kecamatan,atau 5 orang untuk setiap kecamatan.

"PPK ini nantinya akan kita persiapkan untuk tahapan Pilkada, yakni pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Bupati/Wakil Bupati Dairi," terangnya.

Bagi peserta yang memenuhi syarat pendaftaran, selanjutnya akan mengikuti ujian tertulis dengan sistim Computer Assisted Test (CAT) pada tanggal 6-8 Mei 2024.

"Untuk hasil ujian CAT akan diumumkan pada tanggal 9-10 Mei 2024. Selanjutnya meminta tanggapan masyarakat bagi peserta yang lulus," jelasnya.

Tahapan berikutnya tes wawancara tanggal 11-13 Mei, dan pengumuman tanggal 14-15 Mei 2024.

"Penetapan akan kami lakukan tanggal 15 Mei, dan itu akan kami publish terbuka," tuturnya.

Ditambahkannya, rekrutmen ulang PPK ini dilakukan, karena Pemilu dan Pilkada beda nomenklatur.

"Itu dasarnya, makanya dilakukan rekrutmen ulang," tutupnya

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!