Gelar Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pilkada, KPU Dairi Berharap Dukungan Insan Pers

Gelar Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pilkada, KPU Dairi Berharap Dukungan Insan Pers
Keterangan foto : Sosialisasi tahapan dan jadwal Pilkada Dairi di Aula One's Hotel Sidikalang. • Fajar Gunawan

JURNALDAIRI.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi menyampaikan ucapan terimakasih kepada insan pers yang selama ini mendukung KPU dalam melaksanakan kegiatan tahapan-tahapan mulai dari Pemilu lalu.

"Kami juga berharap insan pers bisa ikut mengawal kami dalam mensukseskan Pemilukada Dairi nantinya," kata Asih Firmansyah Solin usai kegiatan sosialisasi di Aula One's Hotel Sidikalang Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Selasa (30/4/2024) sore.

Disebutkannya, KPU Dairi hari ini menggelar sosialisasi tentang tahapan Pemilukada. Dimana Pilkada ini akan dilaksankan pada tanggal 27 November 2024.

"Jadi sosialisasi yang kita laksanakan ini fokusnya terkait syarat dukungan untuk bakal calon perseorangan," sebutnya.

Tahapan Pemilukada ini sudah berjalan sejak tanggal 29 Januari lalu sampai hari pemilihan nanti, dan saat ini tahapannya adalah untuk memenuhi syarat dukungan bagi calon perseorangan.

"Jadi, bagi calon perseorangan harus memenuhi syarat dukungan terlebih dahulu," ujarnya.

Sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Dairi, yakni 0-250 ribu jumlah DPT terakhir, calon perseorangan harus memenuhi 10 persen.

"DPT kita terakhir sekitar 227.220, jadi yang harus dipenuhi calon perseorangan adalah 22.722 syarat dukungan minimal, dan tersebar minimal 50 persen kecamatan," tuturnya.

"Kita ketahui jumlah kecamatan di Dairi ada 15, berarti minimal itu harus ada dukungan di 8 kecamatan," sambungnya.

Dengan sosialisasi yang dilaksankan ini, Asih berharap kepada masyarakat yang ingin mencalonkan diri sudah terbuka saatnya mencari dukungan untuk memenuhi syarat pencalonan perseorangan.

"Pencalonan perseorangan ini nantinya akan kami terima melalui Silonkada (Sistim informasi pencalonan kepala daerah)," terangnya.

Semua pencalonan ini ada tahapan dan punya batas waktu, dan tadi semuanya sudah dipaparkan lebih rinci. Mudah-mudahan semua bisa memahami.

"Bila ada yang kurang memahami, KPU Dairi tentunya membuka ruang jika ada yang ingin ditanyakan dalam pencalonan perseorangan untuk Pemilukada 2024," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan asih, setelah calon perseorangan nantinya memenuhi syarat dukungan baru dilakukan pendaftaran.

"Pendaftaran nantinya bersamaan dengan calon dari partai politik pada tanggal 24-26 Agustus. Sedangkan penetapan calon pada bulan 22 September 2024," tutupnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Bawaslu Dairi, Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Partai Politik, Ormas, OKP, Organisasi kemahasiswaan

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!