Sebanyak 56 Calon Panwascam Untuk Pilkada Dairi Ikuti Ujian CAT

Sebanyak 56 Calon Panwascam Untuk Pilkada Dairi Ikuti Ujian CAT
Keterangan foto : Ujian CAT di laboratorium komputer SMK Negeri 1 Sidikalang. • Fajar Gunawan

JURNALDAIRI.com - Bawaslu Kabupaten Dairi melaksanakan ujian bagi calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) baru yang akan ditugaskan dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024 mendatang.

Ujian tersebut dilaksankan tiga sesi yang dimulai pukul 09.00 -17.30 WIB di laboratorium komputer SMK Negeri 1 Sidikalang Jalan Ahmad Yani Sidikalang, Senin (13/5/2024).

Ketua Bawaslu Dairi, Idrus Maha mengatakan, peserta yang mengikuti ujian tertulis sebanyak 56 orang dari 60 peserta yang lulus verifikasi berkas.

"Namun, ada 4 orang yang tidak mengikuti ujian, sehingga kita nyatakan gugur," kata Idrus.

Ujian rekrutmen Panwascam yang baru ini, semua tahapannya melalui Bawaslu provinsi yang mengirimnya kepada Bawaslu Kabupaten/kota.

"Ujian ini dilaksankan secara online dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) waktunya 90 menit, dan ujian essay dilaksankan 45 menit," sebutnya.

Hasil ujian ini akan di kirim ke Bawaslu provinsi, selanjutnya akan mengirimkan nama - nama peserta yang lolos, dan akan ikut tahapan tes wawancara nantinya.

Setelah nanti rekapitulasi dari tingkat provinsi khusunya nilai CAT dan essay, maka tanggal 18 Mei 2024 akan diumumkan untuk peserta yang lolos tahapan wawancara.

"Tanggal 23 Mei 2024 akan kita umumkan untuk peserta yang lulus Panwascam, dan tanggal 24-25 Mei 2024 dilakukan pelantikan," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, rekrutmen ini untuk evaluasi Panwascam di 15 kecamatan, karena dari 45 Panwascam yang ada, sekitar 18 orang yang tidak bisa dilanjutkan lagi.

Mereka ada yang sudah lulus dan bekerja di instansi lain, ada yang mengundurkan diri sehingga tidak mengantarkan berkasnya lagi.

"Kemudian evaluasi terhadap kinerjanya selama tahapan Pemilu, yakni masalah kehadiran, ketepatan waktu dan lain sebagainya," ucapnya.

Sehingga untuk mengisi kekosongan 18 orang Panwascam, dimana masih ada 1-2 orang yang masih kosong. Maka dilakukan rekrutmen Panwascam yang baru.

Panwascam yang baru ini nantinya akan disebar di 13 kecamatan.

"Hanya 2 kecamatan yang masih tetap bertahan Panwascam nya. Mereka baik kinerjanya dalam tahapan Pemilu kemarin, makanya masih kita pertahankan," ujarnya.

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!