Program Rabu Ngopi, Pemkab Dairi Ingin Mengembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

Program Rabu Ngopi, Pemkab Dairi Ingin Mengembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang
Peserta senam minta foto bareng dengan Ketua Dekranasda Dairi, Romy Mariani dan Osen Hutasoit di kegiatan Rabu Ngopi • (foto: fajar gunawan)

JURNALDAIRI.com - Sidikalang. Melalui program 'Rabu Ngopi' Pemkab Dairi ingin mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang yang pernah tersohor hingga ke luar negeri. Hal itu disampikan Ketua Dekranasda Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu usai kegiatan senam sehat dan 'Rabu Ngopi' di halaman Gedung Nasional Djauli Manik, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Rabu (20/7/2022) sore.

"Rabu Ngopi ini merupakan ide Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, agar semua masyarakat tau. Tidak hanya Pemkab Dairi saja," kata Romy.

Sesuai keinginan ibu-ibu, tadi telah melaksanakan senam sehat dan setelah itu ngopi bareng. Kebetulan Osen Hutasoit yang sebelumnya sibuk show diluar Dairi bisa hadir.

"Kami menyambut bahagia, sehingga kegiatan hari ini 'Rabu Ngopi' bareng Osen Hutasoit bisa terlaksana," ucap Romy.

Menurut Romy, dengan Rabu Ngopi dirinya berharap masyarakat Dairi tau, bahwa visi dan misi Bupati Dairi ingin mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang yang beberapa puluh tahun lalu sempat tersohor.

"Keberadaan kopi Sidikalang saat ini sangat dicari, baik di Amerika, Eropa dan negara lainnya," ujar Romy.

Untuk mengembalikan kejayaan kopi tersebut, Bupati Dairi melaksanakan program 5 ribu hektar tananam kopi dan sekaligus mendatangkan off taker serta membuat klaster kopi.

"Selain itu mendatangkan pihak perbankan untuk memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani. Kemudian ada off taker yang mengambil atau membeli hasilnya setelah panen," sebut Romy.

Disebutkan Romy dirinya merasa heran, karena petani kopi di Dairi banyak yang malah minum kopi sachet yang diproduksi dari pulau Jawa.

"Kita merasa miris banyak petani dan warga Dairi malah tidak minum kopi hasil daerah sendiri," sebutnya.

Dengan Rabu Ngopi, Romy ingin minum kopi Sidikalang semangkin membudaya pada masyarakat Dairi. "Itu keinginan kita, agar kopi Sidikalang kembali kejayaannya," ungkapnya.

Sementara itu Osen Hutasoit yang merupakan penyanyi dan pencipta lagu batak mengatakan, kalau dirinya merasa senang bisa datang pada acara senam sehat dan Rabu ngopi bersama Ketua Dekranasda Dairi dan ibu-ibu.

"Saya berharap kejayaan kopi Sidikalang bisa kembali seperti dulu, karena saya masih ingat dulu diberangkat sekolah dari hasil kopi," ucapnya.

Dirinya menyambut baik program Bupati Dairi yang ingin mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang. "Kalau saya keluar daerah, orang-orang banyak yang tau kopi Sidikalang masih ada," sebutnya.

Saat ditanya apakah ada keinginan menciptakan lagu tentang kopi Sidikalang. Penyanyi yang populer dan viral dengan lagu tarpaima ini menjawab, sementara ini masih menikmati kopi Sidikalang aja dulu.

"Namun tidak menutup kemungkinan, bila ada ilham yang datang pada saya bisa menulis lagi kecintaan pada tanoh kekelengen Dairi, kopi Sidikalang dan lainnya," ungkapnya.

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!