Polres Dairi Diminta Segera Tangkap Boby Naibaho Penghina Suku Pakpak

Polres Dairi Diminta Segera Tangkap Boby Naibaho Penghina Suku Pakpak
Polres Dairi Diminta Segera Tangkap Boby Naibaho Penghina Suku Pakpak • Fajar Gunawan

JURNALDAIRI.com - Desakan tangkap, Boby Naibaho pelaku penghinaan terhadap suku Pakpak terus disampaikan berbagai elemen masyarakat ke Polres Dairi.

Kali ini desakan tersebut disuarakan, Dedi Kurniawan Angkat SH, salah satu Advokat yang kerap membela rakyat kecil.

"Saya selaku suku Pakpak meminta Poldasu dan Polres Dairi segera menangkap Boby Naibaho (pelaku) penghinaan terhadap suku Pakpak," kata Dedi kepada media, usai rapat konsolidasi masyarkat Pakpak di gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang, Kamis (18/4/2024).

Menurut Dedi, melalui akun facebook nya, Boby Naibaho yang sekarang tinggal di daerah lain, telah melakukan penghinaan dengan menyebutkan bahwa leluhur Pakpak itu leluhur terbodoh.

Dia juga mengatakan, Pakpak Bharat merupakan hutan perbeguaan, dan bahasa Pakpak itu tidak terkenal di kota Sidikalang.

"Perbuatan Boby Naibaho telah menghina dan melecehkan suku kami Pakpak," ujar Dedy.

Atas pernyataan Boby Naibaho membuat kemarahan dan telah menyinggung masyarakat suku Pakpak khusunya di Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat.

Sebagai suku Pakpak, Dedi mengecam keras apa yang dilakukan Boby Naibaho yang telah melukai hati masyarakat Pakpak.

"Orang tua Boby Naibaho tinggal di tanah Pakpak, dan dia besar di tanah kami, sanggup juga dia menghina suku Pakpak. Kami tidak terima," tuturnya.

Melalui konsolidasi akbar yang mengambil tema 'Menjaga Kebhinekaan di tanah Pakpak Silima Suak, Kepas, Pegagan, Simsim, Kelasen, dan Boang.

"Kami tidak terima dengan penghinaan yang dilakukan Boby Naibaho, dan mendesak pihak kepolisian menangkap pelaku," tegasnya.

Sebagai suku yang Berbhineka Tunggal Ika, harusnya saling menghargai antara suku lainnya.Apaladi suku Pakpak yang mendiami hak ulayatnya sendiri

"Harusnya suku pendatang, seperti Boby Naibaho hendaknya menghargai suku Pakpak selaku pemegang hak ulayat, agar suku Pakpak juga menghargai suku pendatang Itulah Bhineka Tunggal Ika yang sebenarnya," terang Dedi.

"Apalagi selama ini suku Pakpak tidak pernah mencederai suku lain yang ada di Dairi dan Pakpak Bharat," sambungnya.

Dijelaskan Dedi, hasil dari konsolidasi yang digelar, aliansi masyarakat suku Pakpak mendesak Polres Dairi segera menangkap dan memproses pelaku sesuai hukum yang berlaku di NKRI.

Bila mana pelaku tidak segera ditangkap dan diproses, maka masyarkat akan melakukan aksi dengan menurunkan masa sebesar-besarnya.

"Kami akan melakukan aksi sebesar-besarnya bila pelaku tidak segera ditetapkan tersangka dan ditangkap," ungkap Dedi.

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!