Aslim Padang Minta Polres Dairi Segera Tangkap Pelaku Penghina Suku Pakpak

Aslim Padang  Minta Polres Dairi Segera Tangkap Pelaku Penghina Suku Pakpak
Keterangan foto : Masyarakat suku Pakpak menyampaikan pernyataan sikap di gedung Nasional Djauli Manik. • Fajar Gunawan

JURNALDAIRI.com - Ketua Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB LKP), Aslim Pudan Padang meminta Polres Dairi segera menangkap Boby Naibaho (pelaku) yang melakukan penghinaan terhadap suku Pakpak.

Dimana dalam akun Facebook nya, Boby Naibaho telah melakukan penghinaan dengan menyebutkan bahwa leluhur Pakpak itu leluhur terbodoh.

Dia juga mengatakan, Pakpak Bharat merupakan hutan perbeguaan, dan bahasa Pakpak itu tidak terkenal di kota Sidikalang.

"Ini tiga poin yang kami anggap telah menghina dan melecehkan suku Pakpak," kata Aslim kepada media usai konsolidasi akbar masyarakat suku Pakpak di Gedung Nasional Djauli Manik, Sidikalang, Kamis (18/4/2024).

Untuk itu mewakili masyarakat suku Pakpak, dirinya mendesak Polres Dairi segera menangkap pelaku Boby Naibaho dan rekannya Noven Sitorus yang ikut membenarkan pernyataan pelaku.

"Kami mendesak Polres Dairi segera memproses secara hukum terhadap pelaku penghinaan suku Pakpak," tegasnya.

Bila mana pelaku tidak segera ditangkap dan diproses, maka masyarakat akan melakukan aksi dengan menurunkan masa sebesar-besarnya.

"Kami akan melakukan aksi sebesar-besarnya bila pelaku tidak diproses secara hukum," ucap Aslim.

Menurut Aslim, dengan perbuatan yang dilakukan Boby Naibaho, maka masyarakat Dairi telah kehilangan keanekaragaman yang selama ini terjalin dengan baik.

Apalagi selama ini suku Pakpak tidak pernah mencederai suku lain yang ada di Dairi dan Pakpak Bharat.

"Kami mengecam keras apa yang dilakukan Boby Naibaho yang telah melukai hati kami, penistaan budaya dan melakukan perbuatan tidak senonoh. Maka kami suku Pakpak tidak terima," ujarnya.

Pun begitu, Aslim tetap menghimbau kepada masyarakat suku Pakpak untuk menahan diri dan menyerahkan permasalahan ini kepada penegak hukum.

"Ini masalah oknum yang tidak bertanggung jawab, untuk itu agar masyarakat tetap menahan diri sambil menunggu proses penegak hukum dari kepolisian," imbaunya.

Konsolidasi Akbar masyarakat Pakpak dihadiri, Tokoh Masyarakat Pakpak Raja Ardin Ujung, Tokoh Agama Dunggar Angkat, serta pengurus PB LKP, Ikatan Pemuda Pakpak Indonesia (IPPI), Himpunan Mahasiswa Pakpak Indonesia (HMPI)

Selain itu juga hadiri Generasi Muda (Gema) Sicikecike,Perempuan Pakpak Indonesia (PERPI), Sulang Silima, Gerda Bintang, Gerda Kudadiri, Gerda Maha, Gerda Lingga, Gerda PASI, Gerda Berampu, Garda Angkat dan lainya

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!