BPOM Medan Beri Bimtek ke Petugas dan Pedagang Pasar Sidikalang

BPOM Medan Beri Bimtek ke Petugas dan Pedagang Pasar Sidikalang
Keterangan foto : BPOM Medan bersama Dirut PD Pasar dan peserta Bimtek. • Istimewa

JURNALDAIRI.com - Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Medan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada petugas dan pedagang pasar Sidikalang, bertempat di Kantor Operasional PD Pasar Jalan Dairi, Sidikalang, Kabupaten Dairi, Rabu (27/3/2024).

Kegiatan dalam rangka Program Prioritas Nasional Pasar Aman Berbasis Komunitas (PPABK) berlangsung selama dua hari, yakni Rabu-Kamis (27-28/3/2024).

Kegiatan yang bertujuan menjamin keamanan dan mutu pangan olahan yang beredar di masyarakat, dan menggugah komunitas pasar agar dapat berdaya dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan kepada komunitas pasar, menghadirkan. Narasumber/pemateri, Dormauli Manurung dari bagian Informasi dan komunikasi BPOM Medan.

Adapun materi yang disampaikan adalah :

1.Penyalahgunaan bahan kimia berbahaya pada pangan.

2.Seputar obat dan makanan

3.Persyaratan pasar sehat.

Dirut PD Pasar Dairi,Jhon Tony Dabutar menyampaikan, melalui Bimtek ini petugas dan pedagang pasar diharapkan bisa memperhatikan mutu bahan pangan, apakah berbahaya atau tidak.

"Kita kan tidak tahu bahan-bahan pangan yang masuk ke pasar seperti apa mutunya," kata Jhon Tony.

Selain itu petugas dan pedagang bisa melakukan tes sendiri, jika nanti menemukan ada bahan pangan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

"Jadi, kita bisa melakukan pencegahan atau mengantisipasi bahan pangan berbahaya yang masuk ke pasar, khususnya pasar Sidikalang," ujarnya.

Bahan pangan yang akan diambil sampel untuk tesnya adalah daging, mie basah, bakso, atau bahan yang mengandung bahan pewarna seperi kerupuk cincau/lengkong, sirup dll.

"Jika nanti ditemukan bahan pangan mengandung zat berbahaya, seperti Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl yellow, maka akan kita telusuri terlebih dahulu dari mana sumber bahannya, sehingga akan dilakukan pengawasan oleh BPOM," terangnya.

Untuk mengantisipasi masuknya bahan pangan berbahaya, PD Pasar mengimbau kepada para pedagang agar memperhatikan bahan-bahan pangan yang dijual.

"Mari bekerjasama dengan PD pasar untuk mengantisipasi masuknya bahan pangan yang mengandung bahan berbahaya," ajaknya.

Reporter

Fajar Gunawan

Editor

Novel M Sinaga

Komentar

Belum ada komentar pada berita ini!